Selasa, 28 Agustus 2007

VISI MISI PERUSAHAAN oleh Anindya N Bakrie, MBA

PENTINGNYA VISI MISI PERUSAHAAN

Organisasi pemerintah dan swasta (perusahaan) menghadapi tantangan dalam penyampaian jasa dengan efisien, efektifitas dan kualitas yang lebih besar, dengan tetap berjalan dengan sumber daya yang sangat terbatas. Menciptakan sebuah visi bisa membantu organisasi atau perusahaan untuk menegaskan ulang cara jasa-jasa atau produk disediakan dan mempersiapkan organisasi atau perusahaan dalam memenuhi tuntutan di masa depan.


PENGERTIAN VISI MISI PERUSAHAAN/ORGANISASI

VISI PERUSAHAAN / ORGANISASI

Visi
adalah sebuah pencitraan atau gambaran yang konseptual mengenai / tentang masa depan yang diinginkan.

Visi yang hebat disusun melalui kemitraan antara manajemen tingkat atas dan semua tingkatan dalam organisasi atau perusahaan. Dengan kata lain, siapa pun yang akan melaksanakan visi tersebut, visi menjadi sebuah titik pusat bagi setiap orang di dalam organisasi atau perusahaan.

Idealnya nilai tiap pegawai menjadi bagian dari visi organisasi dengan berbagai visi manajemen membuat satukomitmen untuk visi dan keseleruhan dari pegawai pada semua tingkatan.

PERNYATAAN-PERNYATAAN TENTANG VISI PERUSAHAAN
  • Sebuah visi yang hebat akan membangkitkan semangat dan tantangan, diciptakan dengan tujuan yang terarah dan akan menyediakan lebih dari sekedar gambaran tentang masa depan organisasi atau perusahaan yang ideal.
  • Visi merupakan ramuan yang sangat kritis untuk perubahan.
  • Mewakili sebuah tujuan global dan berkesinambungan untuk orrganisasi.
  • Menggemparkan dan menyegarkan.
  • Merupakan sebuah standart puncak bagi pengukuran kemajuan.
  • Strukturnya kurang penting dibandingkan dengan opengaruhnya terhadap nilai dan perilaku setiap anggota organisasi / perusahaan.
KRITERIA-KRITERIA MEMBUAT VISI PERUSAHAAN

Saat membuat pernyataan tentang visi pertimbangkan kriteria-kriteria berikut, Sebuah pernyataan tentang visi yang bagus akan:
  • Ringkas dan mudah diingat.
  • Mampu memberi semangat dan tantangan.
  • menggambarkan hal-hal yang ideal.
  • Memikat bagi para pegawai, customer dan stakeholder (pihak-pihak yang berkepentingan).
  • Menggambarkan tingkatan jasa dimasa depan.
  • Idealitas
  • Bertahan lama.
  • Pernyataan tentang visi harus mampu menjawab petanyaan-pertanyaan berikut ini:
  1. Apa yang dinginkan organisasi, apa aspirasinya
  2. Bagaimana harapan organisasi atau perusahaan untuk dikenal oleh customer, pegawai, dan masyarakat.
  3. Bagaimana cara organisasi untuk bisa menigkatkan kualiatas hidup para pengguna jasa atau produknya dan tentunya pegawai perusahaan.
PERNYATAAN KUNCI

Pernyataan visi ketika disatukan dengan pernyataan misi dan prinsip akan membentuk identitas (keunikan) organisasional perusahaan / organisasi. Secara serempak, visi, misi dan prinsip memberikan penegasan tentang masa depan yang diinginkan, kecakapan yang dibutuhkan untuk mencapainya dan masing masing elemen mempunyai arti penting.

Tanpa visi tidak akan ada inspirasi atau penyemangat.

Visi dan misi merupakan ide yang tidak akan berguna.

Misi tanpa nilai-nilai akan menuju pada satu faham "tujuan dengan menghalalkan segala cara"

MISI PERUSAHAAN / ORGANISASI

PENGERTIAN MISI PERUSAHAAN / ORGANISASI

Pernyataan tentang misi perusahaan menjelaskan apa dan untuk siapa organisasi atau perusahaan, program atau sub program ditujukan.

Misi adalah pernyataan yang lengkap dan ringkas tentang tujuan organisasi atau perusahaan, program atau subprogram.

Pernyataan tentang misi merupakan sarana tak terhingga nilainya dalam mengarahkan, merencanakan dan melaksanakan usaha-usaha perusahaan / organisasi.

Misi tersebut memuat gambarn tentang customer, barang / produk, jasa. Misi tersebut merupakan bagian dari identitas organisasi, mencakup semuanya dan jarang mengalami perubahan, dan menjadi dasar pemikiran paling utama bagi keberadaan sebuah perusahaan / organisasi, program atau sub program.

KRITERIA-KRITERIA MEMBUAT MISI PERUSAHAAN

Ketika membuat sebuah pernyataan tentang misi perusahaan beberapa kriteria yang dipertimbangkan antara lain:
  1. Siapa kita
  2. Apa yang kita kerjakan
  3. Mengapa kita mengerjakannya
  4. Mengapa sumber daya masyarakat dicurahkan untuk pelaksanaan usaha tersebut
Temukan jawaban-jawaban tersebut dengan melihat perusahaan/organisasi, program atau sub program perusahaan/organisasi dari pihak luar atau sudut pandang customer dan juga stakeholder.

MENDEFINISIIKAN MISI PERUSAHAAN

Untuk memberi kemudahan dalamperkembangan, peninjauan, revisi terhadapa misi perusahaan atau suatu organisasi, program atau sub program gunakan cara-cara berikut:
  1. Jabarkan tujuan awal organisasi: a). Mengapa perusahaan atau organisasi itu ada?. Permasalahan apa yang dihadapai perusahaan / organisasi. b). Mandat dari pihak konstitusional, legislatif, eksekutif judikatif atau lainnya yang telah ditetapkan untuk program atau sub program dalam perusahaan. c). Fungsi apa yang tersedia dan harus dimiliki oleh barang atau jasa.
  2. Gambarkan dasar bagi customer dan stakeholder: a). Gunakan identifikasi terhadap customer dan stakeholder yang dilaksanakan selama analisa SWOT
  3. Jabarkan kebutuhan dan permasalahan nyata yang dihadapi saat ini: a). Bagaiman harapan-harapan saat ini berbeda dari tujuan awal perusahaan pada masing-masing program. b). Apa kebutuhan-kebutuhan pokok yang harus disampaikan.
  4. Lakukan peninjauan dan revisi terhadap pernyataan misi yang adadan susun pernyataan baru berdasarkan pernyataan sebelumnya:
  • Sudahkan misi mengalami perubahan melalui perundang-undangan atau perintah eksekutif sejak awal mula dibuatnya.
  • Apakah misi perusahaan terbatas dan spesifik?. Apakah misi masing-masing program pada perusahaan sesuai dengan misi organisasi.
  • Apakah misi sub program cukup mencerminkan perannya dalam menyesuaikan dengan misi program perusahaan.
  • Apakah misi perusahaan atau organisasi (baik program dan sub program) dipahami dengan jelas oleh pegawai, customer dan klien.