Selasa, 28 Agustus 2007

ANALISIS LINGKUNGAN PERUSAHAAN/ORGANISASI oleh Morendy Octora, Skom, MBA

Kondisi lingkungan yang dihadapi oleh setiap perusahaan/organisasi saat ini berbeda dengan kondisi dimasa lalu, khususnya dalam menghadapi pasar global atau lebih di kenal dengan globalisasi.

Ciri-ciri pasar global antara lain: perubahan teknologi yang sangat cepat, arus informasi yang tak terbatas dengan waktu dan tempat, persaingan hasil produk dan mutu, perubahan sosiologis yang pesat mempengaruhi ketenagaan kerja dan konsumsi serta kebijakan dan hukum yang dilakukan pemerintah yang disesuaikan dengan lebijakan global.

Michael E. Porter mengelompokkan lima faktor pesaing:
  1. Masuknya pendatang baru
  2. Ancaman produk substitusi
  3. Daya tawar-menawar pembeli
  4. Daya tawar-menawar pemasok
  5. Persaingan diantara industri
Dengan melihat kenyataan itu, maka seorang manajer strategis akan selalu mengadakan analisis lingkungan perusahaan atau organisasi strategis meliputi:
  1. Analisi lingkungan ekternal perusahaan yaitu peusahaan/organisasi menggali dan mengidentifikasi semua peluang (opportunity) yang berkembang dan menjadi trend saat ini serta ancaman (threat) dari para pesaing dan calon pesaing.
  2. Analisa lingkungan internal perusahaan yaitu mengidentifikasi dan memfokuskan pada kekuatan (strength) dan kekuatan(Weakness) dari perusahaan atau organisasi tersebut.